Sriboga EasyMix

Sriboga EasyMix

Sriboga EasyMix

LOADING

Sudah pernah makan tempura? Pasti banyak di antara kita yang sudah pernah mencoba makanan yang satu ini. Ingin tahu tips yang tepat untuk memasak tempura di rumah? Jadi, tidak harus selalu beli di restoran lho! Sebelum dijelaskan tips-nya, yuk, kita cari tahu berbagai macam hal tentang tempura!

Tempura atau tenpura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda. Ada dua teori mengenai asal kata ‘tempura’. Teori pertama, kata tersebut berasal dari bahasa Portugal ‘tempero’ yang berarti memasak. Teori kedua menyebutkan bahwa ‘tempura’ berasal dari Bahasa Spanyol ‘templo’ yang berarti kuil. Konon tempura disebarkan di Jepang oleh seorang pemuka agama dari luar Jepang. Pada sekitar abad 17—19 (zaman Edo), tempura dikenal sebagai makanan yang cepat disajikan, murah, dan lezat, semacam fastfood kalau di zaman sekarang.

Mengolah tempura berbeda dengan memasak bahan makanan yang digoreng secara furai atau deep fry. Bahan makanan yang digoreng secara tempura hanya dicelup ke dalam adonan tempura sedangkan bahan makanan yang digoreng secara deep fry dibungkus secara berurutan dengan tepung terigu, kocokan telur, dan tepung panir/tepung roti. Semua jenis bahan makanan bisa dijadikan tempura. Suhu ideal untuk menggoreng sekitar 160°C sampai 170°C dengan waktu menggoreng yang singkat. Suhu yang agak rendah digunakan sewaktu menggoreng sayur-sayuran dan makanan laut seperti kerang karena mudah menjadi keras jika terkena suhu tinggi. Suhu tinggi digunakan untuk menggoreng udang, cumi-cumi, dan ikan sampai adonan tempura berubah warna.

Beberapa tips untuk memasak tempura:

  1. Bahan makanan yang bisa menjadi isian tempura

    Selain sayuran seperti terung, jamur, irisan bawang bombai, dan kembang kol, bahan makanan lain yang populer adalah udang, ikan, ubi jalar, atau labu kabocha sebagai bahan isian. Tentunya variasi rasa tempura yang dihasilkan tergantung bahan makanan yang menjadi isian tempura tersebut. Karena itu, mesti mencoba berbagai bahan ya.

  2. Bahan-bahan untuk membuat tempura

    Di Jepang, pembuatan tempura menggunakan bahan dasar berupa air dan tempung tempurako. Tetapi, karena tepung tersebut tidak mudah ditemukan di Indonesia, kita bisa menggunakan campuran tepung terigu protein tinggi, kuning telur, dan air es. Campur ketiga bahan tersebut sampai rata lalu gunakan untuk melapisi bahan makanan yang diinginkan.

  3. Cara mengaduk adonan

    Campuran tepung terigu protein tinggi, kuning telur, dan air es yang sudah dicampur harus segera diaduk hingga merata. Gunakan sumpit untuk mengaduk secara cepat. Tidak perlu mengaduk terlalu lama, pastikan saja bahwa ketiga bahan tersebut sudah tercampur rata dan adonan tidak ada yang menggumpal.

  4. Temperatur untuk menggoreng

    Tempura harus digoreng pada suhu 170°C supaya menghasilkan tekstur yang renyah dan matang sempurna.

Tempura biasanya dimakan bersama saus yang disebut tentsuyu yang bahan dasarnya adalah kaldu, shoyu, dan mirin (alkohol khusus untuk memasak yang memberikan rasa manis, terbuat dari fermentasi beras ketan). Tentsuyu biasanya dicampur dengan parutan lobak atau jahe. Selain dinikmati dengan tentsuyu, tempura bisa dinikmati dengan sedikit garam untuk mempertahankan rasa asli bahan dasarnya.

Jika memasak tempura dengan berbagai bahan isian secara bersamaan, cara penyajian seperti di restoran bisa ditiru. Tempura yang berbahan dasar sayuran, udang kecil, dan bahan lain yang tidak terlalu berat diletakkan di bagian atas, sementara tempura dengan bahan dasar berat yang rasanya membekas dimakan setelahnya. Tips-nya, makan dulu tempura yang tidak terlalu berat supaya rasa tempura bisa maksimal di lidah. Satu hal lagi yang perlu diingat, seberapa pun suksesnya memasak tempura, kerenyahannya akan hilang setelah dingin. Jadi, segera nikmati tempura saat baru matang ya.

Nah, bagi para pemula yang ingin mencoba masak tempura, tapi takut gagal, sekarang saatnya untuk mencoba karena ada tepung Japanese Tempura dari Sriboga EasyMix. Tidak perlu khawatir hasil gorengan tempura tidak renyah atau takut hangus. Tepung Japanese Tempura dari Sriboga EasyMix akan menghasilkan tempura yang renyah, warna yang bagus alias tidak gosong, dan tentunya matang sempurna. Satu hal yang lebih penting lagi, tidak menyita banyak waktu karena persiapannya mudah, proses pembuatannya gampang. Cukup ditambahkan air dan adonan tempura siap untuk digoreng. Yuk, mulai siapkan bahan makanan favorit yang akan dibungkus dengan Japanese Tempura dari Sriboga EasyMix. Selamat menikmati tempura yang renyah dan lezat bersama keluarga dan teman-teman.

Bagikan ke