Sriboga EasyMix

Sriboga EasyMix

Sriboga EasyMix

LOADING

Banyak orang ingin mencoba bisnis sendiri. Salah satu alasan memulai bisnis sendiri adalah ingin mencari penghasilan tambahan untuk keluarga, kebanyakan yang memiliki alasan seperti ini adalah para ibu rumah tangga. Bisnis yang paling mudah dan dekat dengan aktivitas para ibu rumah tangga adalah bisnis kuliner. Bisnis yang satu ini tidak ada matinya karena makanan dan minuman adalah kebutuhan primer manusia. Sampai kapan pun dan di mana pun, bisnis kuliner akan selalu menjadi lahan bisnis yang menghasilkan banyak keuntungan jika dikelola dengan tepat. Apalagi di zaman yang serba digital, tidak perlu repot memikirkan biaya dan metode pemasaran, cukup memiliki akun sosial media saja maka pemasaran produk bisa berjalan.

Memulai bisnis sendiri pada umumnya diawali dengan kekhawatiran terhadap berbagai kendala yang akan dihadapi, begitu pula halnya dengan bisnis kuliner. Hal-hal di bawah ini sebaiknya menjadi pertimbangan sebelum memulai usaha di bidang kuliner:

  1. Seberapa pun besar bisnis kuliner Anda, tetap harus fokus pada usaha tersebut. Meski niat awalnya adalah bisnis sampingan, tetapi tetap harus fokus.
  2. Siap mental jika bisnis ini mengalami keuntungan maupun kerugian. Harus sudah dipertimbangkan sejak awal adanya dua kemungkinan ini.  
  3. Memiliki semangat juang tinggi, mengingat persaingan yang ketat pada bisnis kuliner.
  4. Selalu berinovasi menghasilkan sesuatu yang baru sehingga pelanggan tetap memilih Anda. Inovasi bisa meliputi variasi bentuk, rasa, maupun penyajian makanan.

Jika memutuskan terjun ke bisnis kuliner, hal-hal ini harus diperhatikan:

  1. Jenis Kuliner

    Pilihannya adalah:

    • Memilih jenis kuliner yang mengikuti tren
    Pilihan semacam ini risikonya yaitu biasanya akan laris pada masa tertentu saja dan tidak akan bertahan lama. Jika ingin bertahan lama, pemilik bisnis kuliner harus pandai memodifikasi dagangannya sehingga pembeli tidak bosan.
    • Memilih jenis kuliner yang tidak ada di daerah tersebut
    Pilihan semacam ini memiliki dua kemungkinan, laris karena tidak ada di daerah tersebut atau tidak disukai karena cita rasa lidah yang berbeda.
  2. Pemilihan tempat

    Tempat yang dipilih tentunya harus tempat yang strategis sehingga mendatangkan banyak pembeli. Desain tempat yang eye catching juga menjadi hal yang menarik pembeli untuk mampir dan mencoba.

  3. Modal usaha

    Meskipun modal usaha tidak selalu dari modal pribadi, tetapi faktor risiko dan kebutuhan-kebutuhan lain menjadi pertimbangan untuk menentukan seberapa besar bisnis kuliner yang akan ditekuni.

  4. Menentukan target pasar

    Siapakah pasar utama yang menjadi sasaran di bisnis kuliner yang dipilih? Meskipun harapannya akan diminati oleh semua kalangan, tapi tentunya ada pasar spesifik yang menjadi sasaran utama. Faktor yang dipertimbangkan misal; usia, pekerjaan, gaya hidup, pendapatan dll.

  5. Promosi

    Setelah target pasar ditentukan, pilih bentuk promosi yang sesuai dengan pasar utama yang dipilih. Untuk saat ini, urusan promosi jauh lebih mudah dibanding masa-masa lalu. Teknologi yang semakin maju membuat semuanya jadi lebih mudah, hemat waktu, dan biaya.

Penyebab banyak bisnis kuliner yang mengalami kegagalan:

  1. Rasa makanan yang tidak konsisten. Jika awalnya konsumen sudah menyukai cita rasa tertentu, jangan mengubah resep yang digunakan.
  2. Pelayanan yang tidak cekatan, tidak ramah, membuat konsumen menunggu terlalu lama.
  3. Tidak pernah berinovasi. Saat pesaing terus berinovasi, tapi Anda tetap dengan cara lama, lama-kelamaan usaha kuliner Anda akan ditinggalkan orang.
  4. Jam buka yang tidak konsisten. Setiap orang datang atau melakukan pemesanan, tempat usaha Anda tutup atau tidak menerima order. Jika beberapa kali hal ini dialami oleh konsumen, berikutnya dia tidak akan kembali lagi.
  5. Harga yang tidak bersaing. Sebelum menentukan harga, sebaiknya dilakukan survei harga terlebih dahulu. Menetapkan harga yang terlalu mahal dibanding pesaing tanpa ada kelebihan khusus dari produk Anda akan membuat produk Anda tidak dilirik oleh konsumen.

Banyak orang menganggap bahwa bisnis kuliner membutuhkan modal yang besar dan keahlian memasak. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kreativitas, inovasi, semangat juang yang tinggi, dan senang berkompetisi menjadi faktor penting mengingat persaingan yang ketat di bisnis ini. Bagi para pemula yang ingin mencoba bisnis kuliner sendiri dengan modal terbatas dan belum terlalu ahli di bidang memasak, silakan mencoba berbagai varian Sriboga EasyMix. Salah satunya adalah Vanilla Sponge dan Chocolate Sponge dari Sriboga EasyMix. Pengolahannya mudah,  adonan kuenya sudah lengkap dan pas, tidak perlu tambahan bahan lain. Anda tidak harus menjadi ahli membuat kue untuk mendapatkan tekstur sponge cake yang lembut dan rasa yang lezat. Yuk, mulai mencoba bisnis kuliner!

Bagikan ke